Cara Mengetahui Perbedaan BIOS LEGACY atau UEFI Pada PC atau Laptop



Hello Guys, pada postingan kali ini ane bakal menjelaskan tentang… yap betul seperti judulnya sebelum itu kalian harus tau apa itu BIOS  dalam sebuah Komputer atau Pc ?? BIOS, yaitu merupakan suatu program yang ditulis dalam bahasa assembly yang bertugas mengatur fungsi dari perangkat keras/ hardware yang terdapat pada komputer. Dan terdapat juga Firmware, yaitu sebuah software yang bisa menjebatani antara system operasi dengan hardware dengan sanggat detail. Nah untuk lebih jelasnya cekidot :



 Pada dasarnya UEFI (EFI v2.x) adalah standard teknologi baru yang berfungsi memperluas (mempercanggih) fungsi dari program BIOS. Lalu sebelum lahirnya UEFI (EFI v2.x) atau standar interface UEFI sekarang, diawali dengan digagasnya standard EFI pada pertengahan 1990an, pada proyek pertama komputer server Intel-HP Itanium. Dan pelopor lahirnya EFI pada saat itu adalah Intel dan HP maka pada perkembangan selanjutnya disempurnakan lagi spesifikasi dan fitur"nya sehingga bisa diaplikasikan di semua platform hardware komputer modern saat ini. Lalu dengan banyak nya proses perkembangan, lahirlah spesifikasi interface baru yang disebut dengan UEFI. U= Unified yang berarti diseragamkan standardnya. UEFI merupakan perkembangan dari EFI (v1.x).

Teknologi Baru yaitu UEFI itu adalah merupakan komponen software yang terdapat pada sistem komputer yang lebih modern. Walaupun awal-2nya hanya digunakan pada komputer kelas Server, namun trend saat ini sudah mulai banyak digunakan pada mesin" komputer PC kelas atas (High End) dan juga pada laptop. Lalu setelah munculnya UEFI firmware yang sudah berkembang, maka teknologi BIOS yang biasa (generasi sebelumnya) disebut dengan Legacy BIOS. *) legacy bisa diartikan : standard teknologi lama. Harus diketahui bahwa sebenarnya teknologi BIOS sudah berumur 30 tahun, maka sudah saatnya ada generasi teknologi baru yang lebih canggih dan bisa mensupport perkembangan semua  sisi pada hardware maupun  teknologinya.



Jadi kalau dibandingakan dengan Bios Lama/legacy BIOS, maka UEFI mempunyai banyak kelebihan baik dari segi fitur, level bahasa pemrograman, kecanggihan dan kelengkapan fitur pengontrolan hardware komputer, tampilan visual, kapasitas memori danbitcode.
 Sementara jika Pada legacy BIOS, dia menggunakan 16 bit-code, padahal teknologi prosesor komputer saat ini sdh menggunakan 64 bit, tentu saja akan terjadi kesenjangan yang jauh. Ini baru contoh paling simple dari keterbatasan (ketertinggalan) BIOS untuk bisa mensupport perkembangan pesat dari teknologi hardware komputer.  BIOS pertama kali diciptakan sejak 30 tahun yang lalu oleh IBM, yang saat itu digunakan untuk produk" IBM PC. Jika firmware teknologi jadul (obsolete technology) harus dipaksakan untuk mensupport teknologi baru yang terus berkembang maka akibatnya pasti akan menjadi masalah (stumbling). Oleh karena itu lahirnya EFi/UEFi adalah tuntutan perkembangan zaman untuk mengimbangi pesatnya perkembangan komputer dewasa ini.

Beberapa Contoh kelebihan teknologi UEFI adalah, dukungan dengan format GPT harddrive, kemampuan booting dari harddisk dengan kapasitas besar. Partisi berupa Format GPT (GUID Partition Table) adalah teknologi format baru untuk menangani harddisk berkapasitas lebih dari 2 terabytes. Selama ini kita menggunakan format MBR untuk menyimpan boot code dan tabel partisi pada harddisk dan media simpan. Namun keterbatasan dari MBR ini adalah bahwa ukuran partisi maksimal adalah untuk sistem boot tidak bisa lebih dari 2 TB. Jika dengan menggunakan format GPT, maka keterbatasan itu bisa diatasi dengan mudah. Lalu format GPT secara tidak langsung mulai digunakan pada sistem komputer server yang menggunakan harddisk kapasitas super jumbo. Jika HDD nya mempunyai size atau ukuran sangat besar maka BIOS tidak akan bisa berkutik. Maka dari itu lahirlah teknologi penggantinya yaitu UEFI sebagai firmware untuk mengontrol kerja dan performance HDD.

Jadi untuk perkembangan BIOS untuk ke depannya nanti, semua platform komputer akan beralih dari legacy BIOS ke UEFI firmware. Mungkin untuk 5 tahun ke depan hampir semua produk laptop dan PC yang dibuat oleh vendor sdh menggunakan UEFI dan meninggalkanpendahulunya: legacy BIOS yang umurnya sudah 3 dekade.


Karena banyak nya kelebihan yang dimiliki UEFI sebagian besar vendor sudah menerapkan UEFI sebagai pengganti BIOS pada produk mereka, pun karena masih berada dalam masa transisi, didalam UEFI masih disematkan fitur BIOS legacy atau CSM (Compatibility Support Module). Perkiraan ane Mungkin untuk jangka waktu 3 atau 5 tahun kedepan BIOS akan punah, dan seluruh vendor akan menerapkan UEFI pada produk mereka sudah terlihat dari banyak nya teknologi komputer dan pc yang banyak menggunakan UEFI. Lalu perbedaan antara BIOS dan UEFI itu apa? Sudah dijelaskan diatas, bahwa dari segi fungsinya antara BIOS dan UEFI adalah sama. Perbedannya terletak pada fitur-fiturnya saja, antara lain.

1. (EFI v2.x) UEFI sudah mendukung kapasitas penyimpanan hardisk lebih dari 2 TB, sedangkan pada BIOS maksimal adalah 2 TB.

2. UEFI sudah mendukung tipe partisi GPT yang diwajibkan pada saat melakukan instalasi sistem operasi terbaru khususnya Windows 10, Sedangkan BIOS hanya dapat menjalankan tipe partisi MBR atau Master Boot Record.
3. Sudah memungkinkan untuk menggunakan touchpad, mouse, bahkan touchscreen saat berada didalam UEFI, sedangkan pada BIOS hanya menggunakan keyboard.
4. Tampilan User Interface pada UEFI sudah jauh lebih menarik dan user friendly dari pada BIOS yang masih menggunakan mode display standar

Kalian perlu tahu bahwa partisi disk drive sebelum kalian dapat menggunakannya MBR (Master Boot Record) dan GPT (GUID Partition Table) adalah dua cara berbeda untuk menyimpan informasi partisi pada drive. Lalu Informasi ini mencakup mana partisi mulai dan mulai, sehingga sistem operasi kalian tahu yang sektor milik setiap partisi dan partisi yang bootable. Maka dari itu inilah sebabnya mengapa kalian harus memilih MBR atau GPT sebelum membuat partisi pada drive.

CARA MENGETAHUI BIOS LEGACY ATAU UEFI
Pertama kamu tekan Win+R dan ketikkan MSInfo32 dan tekan Enter atau dengan cara klik gambar search yang berada di bawah kanan kiri ujung dekat gambar windwos lalu ketikkan MSinfo32 dan tekan enter. Dengan cara ini kamu akan membuka Window System Information atau informasi system windows kalian. Jika Komputer kamu menggunakan BIOS maka akan menunjukan Legacy. Jika menggunakan UEFI maka akan muncul UEFI seperti gambar di bawah ini.







Nah jadi cukup segitu saja penjelasan dari ane semoga bermanfaat jika ada pertanyaan atau ada yang kurang dari materi artikel yang saya buat cukup comment saja, dan jangan lupa untuk share jika ini benar” bermanfaat unutuk anda


1 Response to "Cara Mengetahui Perbedaan BIOS LEGACY atau UEFI Pada PC atau Laptop"

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2